Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Jitu Mengatasi Smartphone Mati Sendiri Sesuai Dengan Penyebabnya

Tips Mengatasi Handphone Mati Sendiri

Bosshuh.com - Seperti yang kita ketahui bahwa perangkat handphone maupun smartphone telah menjadi suatu kebutuhan yang tergolong sangat penting hampir setiap kalangan. Selain digunakan untuk berkomunikasi, ternyata perangkat handphone ini juga sering sekali dimanfaatkan sebagai sebuah media hiburan yang sangat mudah untuk diakses dengan siapapun. Karena pada umumnya sebuah masing-masing perangkat handphone ini mempunyai suatu ketahanannya sendiri-sendiri. Selain dari segi kualitasnya, ternyata ketahanan perangkat handphone ini juga akan bergantung dari bagaimana suatu penggunaannya sehari-hari. Sebuah kendala yang sering sekali muncul ialah handphone mati sendiri. Lantas bagaimana tips ataupun cara mengatasi handphone mati sendiri yang satu ini?

Kalau dibandingkan dengan suatu contoh kasus pada perangkat komputer, pada saat sedang mengakses Internet secara mendadak atau tiba-tiba mati. Maka hal tersebut bisa jadi dikarenakan faktor suhu yang tersedia pada lingkungan ataupun faktor kinerja dari perangkat hardware komputer yang kiranya tidak pernah mati atau beristirahat. Hal tersebut tentunya bisa juga terjadi pada perangkat handphone. Maka dari itu mari ketahuilah terlebih dahulu apa penyebabnya barulah bisa untuk mengatasi masalah tersebut. Nah daripada menjadi tambah penasaran langsung saja simak uraian selengkapnya dibawah ini sebagai berikut:

Tips Mengatasi Handphone Mati Sendiri

1. Jumlah Aplikasi yang Berlebihan

Banyaknya program aplikasi yang terpasang didalam perangkat smartphone atau handphone Anda tentu pastinya akan mempunyai dampak pada ketahanan suatu perangkat handphone. Karena kalau terlalu banyak aplikasi yang terpasang pada perangkat ponsel Anda, maka tergolong tidak baik bagi ruang penyimpanan smartphone Anda. Ketika program aplikasi dalam ponsel terlalu banyak maka yang akan terjadi ialah mati dengan sendiri. Untuk contohnya misalnya seperti ketika sedang membuka program aplikasi tertentu, maka program aplikasi tersebut akan berhenti dan perangkat ponsel mati. Masalah semacam ini menunjukkan bawah adanya suatu kendala pada ROM. Anda dapat untuk mengatasinya dengan menguninstall program aplikasi yang kiranya tidak pernah digunakan.

2. Adanya Virus pada Perangkat

Kerusakan pada perangkat elektronik tentunya bisa saja disebabkan karena adanya sebuah virus didalam perangkat handphone. Terutama ketika Anda sering mengakses sebuah website di Internet maka bisa jadi ada suatu virus tersembunyi yang tidak disadari masuk kedalam perangkat ponsel Anda. Selain itu virus ini juga bisa masuk dari sebuah file-file data yang Anda unduh dan berasal dari sumber yang tergolong tidak jelas untuk keamanannya. Tentu pastinya sebuah virus ini dapat merusak sistem operasi pada perangkat handphone dan salah satu tandanya ialah keadaan mati sendiri. Tips untuk mengatasi ponsel mati sendiri kali ialah dengan cara menscan menggunakan program aplikasi antivirus dan berhenti untuk mengakses sebuah website yang kiranya tergolong tidak jelas.

3. Terdapat Banyak Cache

Ketika sedang menjalankan program aplikasi, maka perangkat handphone akan melakukan penyimpanan sebuah cache yang tersedia pada program aplikasi tersebut. Karena jika cache yang tersimpan sangat banyak didalam sistem perangkat maka akan bedampak tidak baik. Handphone menjadi sering mati dan membuatnya bekerja dengan lebih keras. Anda dapat untuk mengatasinya dengan cara menghapus sebuah cache yang tersedia dengan mengakses menu settings atau pengaturan, media penyimpanan carilah menu pilihan bersihkan cache.

4. Error pada Perangkat Lunak

Kerusakan yang terjadi pada perangkat lunak ini tentunya bisa jadi dikarenakan oleh sistem yang telah kadarluarsa ataupun program aplikasi yang membutuhkan akses pembaharuan (update version). Hal semacam ini dapat menjadi suatu penyebab ponsel mati dengan sendirinya. Pada umumnya masalah Error pada Perangkat Lunak ini juga dapat ditandai dengan adanya suatu pemberitahuan misalnya seperti force close dan dapat menyebabkan suatu sistem berhenti bekerja. Untuk tips mengatasi smartphone mati sendiri dikarenakan penyebab yang satu ini ialah dengan cara memperbaharui sebuah sistem perangkat atau program aplikasi jika dibutuhkan.

5. Overheat

Kondisi panas atau overheat pada perangkat ponsel ini juga dapat terjadi dikarenakan terlalu sering menggunakan handphone. Aktivitas seperti bermain games dengan secara terus menerus tentunya bisa menyebabkan perangkat handphone menjadi panas yang berasal dari sebuah baterai. Untuk perangkat handphone generasi lama yang mana sebuah processor tergolong belum sebaik seperti sekarang ini tentunya akan lebih rentan mengalami masalah ini. Tips dalam mengatasi ponsel mati sendiri disebabkan oleh penyebab yang satu ini ialah dengan cara membiasakan suatu penggunaan perangkat handphone dengan secara normal.

6. Status Baterai yang Error

Penyebab lainnya dari handphone yang mati secara tiba-tiba atau mendadak terakhir ialah dikarenakan status baterai yang mengalami error. Lakukan pengecheckan dan perbaikan dari status sebuah baterai Anda. Caranya ialah dengan mengunduh program aplikasi kalibrasi pada platform Google Play Store. Fungsinya ialah untuk memperbaiki status baterai ponsel yang error dan akan menjadikannya lebih maksimal lagi.

Untuk mengetahui terkait bagaimana cara mengatasi ponsel mati sendiri ialah dengan cara mendeteksi suatu penyebabnya. Sesudah itu, maka Anda dapat memilih langkah mana yang tergolong cepat dan juga tepat untuk memperbaikinya. Hindari juga menggunakan perangkat handphone yang kiranya terkesan berlebihan dan segeralah untuk melakukan sebuah perbaikan jika tanda kerusakan tersebut tergolong semakin parah. Demikianlah informasi yang dapat diberitahukan mengenai Tips Mengatasi Smartphone Mati Sendiri sesuai dengan Penyebabnya. Semoga dengan adanya informasi seperti ini dapat membantu Anda semuanya dan terimakasih sudah berkunjung.

Posting Komentar untuk "6 Tips Jitu Mengatasi Smartphone Mati Sendiri Sesuai Dengan Penyebabnya"