Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengatasi Aplikasi yang Berhenti di Android Terbaru 2020

Cara Mudah Mengatasi Aplikasi yang Berhenti di Android Terbaru

Bosshuh.com - Tentu pastinya dengan ada banyak program aplikasi yang tersedia di perangkat ponsel android ini memanglah akan dapat memudahkan dan juga memberikan suatu hiburan tersendiri. Namun tetapi, terkadang sebuah sistem operasi mobile juga bisa secara mudah mendapatkan suatu masalah. Salah satunya ialah program aplikasi yang berhenti secara tiba-tiba. Maka dari itu, pada artikel ini ada beberapa sebuah cara untuk mengatasi program aplikasi terhenti yang harus diketahui dengan seorang pengguna perangkat smartphone android. Sehingga nantinya tidak merasa khawatir lagi ketika sedang mendapatkan suatu peringatan atau notifikasi secara tiba-tiba jika program aplikasi berhenti.

Penyebab Masalah Aplikasi Berhenti di Android

Sebelum kita membahas mengenai perihal bagaimana cara dalam mengatasi aplikasi berhenti, mari mulai mengetahui dasar penyebab nya terlebih dahulu. Ada beberapa program aplikasi di sistem operasi Android yang terkadang berhenti secara tiba-tiba ketika sedang digunakan. Yang biasanya menampilkan pesan notifikasi seperti ini 'Unfortunately app has stopped' atau 'Sayangnya aplikasi telah berhenti', begitulah notifikasi pesan yang diberitahukan ketika aplikasi berhenti. Lantas apa sebenarnya yang menjadi suatu penyebabnya? Nah berikut ini akan dibahas terkait dua penyebab yang terbilang paling sering terjadi, sebagai berikut:

1. Memori RAM Penuh

Program aplikasi di OS Android ini tergolong bergantung penuh pada media memori RAM yang digunakan. Memori RAM ini akan mempengaruhi berjalannya atas program aplikasi. Maka dari itu, jika sebuah media memori RAM terbatas, namun program aplikasi terbilang terlalu banyak berjalan di latar belakang (background) maka hal tersebut akan membuatnya menjadi penuh. Hal ini yang mungkin menjadi salah satu penyebabnya ketika program aplikasi yang sedang berjalan, namun kehabisan ruang memori. Sehingga akan terjadi sebuah masalah ketika dibuka, dan bahkan tidak bisa digunakan sama sekali loh.

2. File Cache Aplikasi yang Menumpuk

Pasalnya setiap program aplikasi dalam sistem operasi Android ini terbilang akan selalu menyimpan sebuah file cache bertujuan untuk mempercepat ketika akan menggunakannya di jangka waktu lain. Namun tetapi kalau tidak dibersihkan dengan secara rutin, maka sebuah file cache ini akan terus menumpuk. Sehingga akan menyebabkan suatu performa dari perangkat smartphone menjadi menurun. Salah satunya ketika sedang menjalankan program aplikasi. Sebab aplikasi akan serasa lebih lama untuk merespon atau bahkan bisa berhenti dengan secara tiba-tiba ketika sedang digunakan.

Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di Android

Ada beberapa yang menjadi suatu penyebab atas berhentinya program aplikasi dengan secara tiba-tiba hal ini terbilang akan sangat mengganggu seorang pengguna smartphone. Maka dari itu, 3 cara mengatasi aplikasi berhenti ini harus Anda pelajari dalam menanganinya. Tidak hanya dalam mengatasi program aplikasi berhenti saja, namun tetapi juga bisa untuk meningkatkan suatu performa dari perangkat ponsel android.

1. Mengecheck Kartu SD

Hampir semua jenis perangkat smartphone Android bisa menggunakan sebuah kartu microSD tambahan. Fungsinya tentu saja sebagai suatu memori tambahan untuk menyimpan berbagai macam file yang masuk, salah satunya termasuk data file program aplikasi yang dipasang pada perangkat ponsel. Namun tetapi terkadang, sebuah kartu microSD yang digunakan bisa terjadi masalah. Hal tersebut yang menjadi sebuah penyebab program aplikasi Android menjadi berhenti ketika sedang digunakan.

Cara mengatasi aplikasi berhenti ini, juga dilakukan dengan mematikan perangkat smartphone, kemudian lepaskan sebuah kartu microSD yang digunakan dari slot. Sesudah itu, diamkan sejenak, lalu bisa dipasang kembali dengan secara benar dan coba untuk menyalakan kembali perangkat ponsel android nya.

2. Menghapus Cache dan Data Aplikasi

Sebuah cache dan data error pada program aplikasi tersebut juga bisa menjadi suatu penyebab atas aplikasi yang berhenti tiba-tiba. Kalau demikian, maka bisa disesuaikan dengan fitur manajemen aplikasi. Caranya dengan menghapus suatu cache dan data aplikasi yang tersedia diperangkat handphone Android anda.

Silahkan klik pada menu 'Pengaturan/Settings' kemudian pilih 'Manajemen Aplikasi' selanjutnya pilihlah 'Aplikasi dan Hapus Cache dan juga Hapus Data'. Selain dengan menggunakan sebuah cara yang manual tersebut, ternyata juga bisa menggunakan program aplikasi yang tersedia pada platform Android. Aplikasi pembersih di Android misalnya seperti CCleaner, tentunya bisa membantu untuk membersihkan dengan secara sekaligus seluruh data program aplikasi.

3. Menerapkan Uninstall Aplikasi Kemudian Reinstall

Jika kedua cara diatas terbilang belum bisa mengatasi sebuah masalah terkait, maka mungkin saja yang menjadi penyebabnya dari program aplikasi itu sendiri. Karena ada beberapa sebuah data program aplikasi yang mungkin saja ada mengalami kerusakan atau bugs, sehingga aplikasi tidak dapat berjalan pada semestinya. Maka dari itu cara untuk mengatasi aplikasi berhenti yang selanjutnya ialah dengan menerapkan langkah sederhana yakni menguninstall dan install kembali program aplikasi terkait.

Cara yang satu ini mungkin akan menghabiskan sedikit kuota sebab harus menginstall ulang program aplikasi yang terkait. Namun tetapi bisa menjadi suatu cara yang tergolong paling ampuh dalam mengatasi program aplikasi berhenti secara tiba-tiba ini. Untuk caranya hanya dengan mengklik di menu 'Pengaturan' kemudian pilih 'Manajemen Aplikasi' lalu pilih 'Aplikasi terkait' dan silahkan Uninstall. Langkah selanjutnya silahkan diinstall kembali dengan membuka platform Google Play Store dan pilih program 'Aplikasi' yang terkait, kemudian klik 'Install'.

Sebuah cara mengatasi aplikasi berhenti di Android tersebut tentunya bisa dipelajari dalam mengatasi suatu kendala ketika sedang menggunakan program aplikasi. Pastinya juga dengan mengetahui sebuah penyebab atas kendala tersebut. Sehingga langkah-langkah mengatasi suatu masalah yang diterapkan sesuai prosedur. Selain itu dengan membersihkan sebuah cache dan data aplikasi dengan secara rutin ini juga akan menunjang suatu performa aplikasi yang berjalan.

Demikianlah informasi yang dapat diberitahukan mengenai Cara Mengatasi Aplikasi yang Berhenti di Android Terbaru 2020. Semoga dengan adanya informasi seperti ini dapat membantu Anda semuanya dan terimakasih sudah berkunjung.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi Aplikasi yang Berhenti di Android Terbaru 2020"